Zaman Sekarang Internet sudah menjadi kebutuhan bagi Sebagian besar orang di seluruh dunia. Pengguna internet pun tidak memandang usia, bahkan anak-anak mulai umur 3 tahunan sekarang sudah menggunakan internet sebagi salah satu media hiburan bagi mereka yang disediakan dan difasilitasi oleh orang tua mereka. Bagi anak-anak yang sudah sedikit dewasa di angka 6 tahun keatas mereka sudah pandai berselancar sendiri di dunia internet baik melalui smartphone maupun smart tv.

Fenomena tersebut diatas harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Mengapa ? karena kita sudah mengetahui bahwa dunia internet tidak hanya menampilkan sisi positifnya saja tetapi ada konten-konten negative maupun konten-konten yang hanya boleh diakses oleh orang dewasa saja.

Kali ini kami akan bahas cara menyediakan internet yang aman dan sehat untuk anak- anak, sehingga mereka tetap dapat belajar positif melalui internet tanpa orang tua khawatir lagi.

1. Blokir situs dewasa

Service penelusuran internet seperti Google mempunyai feature namanya SafeSearch. Google menyediakan filter atau kontrol moderasi content penelusuran yang tampil di internet. Orangtua dapat memakainya untuk memblok akses content yang terkait dengan kekerasan serta content dewasa. Cara aksesnya Buka Google → Setelan → Setelan Penelusuran, kemudian Centang Aktifkan SafeSearch → Simpan.

SafeSearch tidak aktif dengan cara standar, karena itu kamu harus aktifkan terlebih dulu. Serta yang perlu kalian ingat ialah saat kalian menghapus cookie SafeSearch tidak akan aktif lagi atau kamu harus aktifkan kembali lagi.secara manual Kembali.

Walaupun safe search sudah diaktifkan tetapi tidak menajmin 100 persen semua situs dewasa dan kekerasan yang kita setting akan tidak muncul di kolom pencarian google. Untuk itulah tetap perlu peran penmpingan dan control dari otang tua.

Bagi Anak-anak yang menyukai youtube orang tua dapat aktifkan Mode Terbatas untuk Youtube. Youtube merupakan platform yang paling sering diakses oleh anak-anak, padahal konten yang ada bercampur baik konten dewasa maupun anak-anak. Tapi orang tua tidak usah resah, Youtube menyediakan Feature Mode terbatas.

Cara mengaktifkan mode terbatas di YouTube yaitu buka YouTube → click tiga titik vertikal → aktifkan Model Terbatas. Setelah diaktifkan Pencarian konten maupun konten yang muncul di youtube akan menjadi ramah untuk anak-anak.

2. Buat Ketentuan Tentang Koneksi Internet

Memang susah bagi orang tua mengontrol kegiatan anak-anak Ketika berseancar di internet setiap hari. Mendengar keluhan tersebut Google tawarkan tehnologi yang unik namanya Family Link yang dapat dipakai orangtua untuk mengendalikan internet yang akan diakses oleh anak-anak.

3. Aplikasi Family Link

Aplikasi Family Link sediakan feature untuk memantau waktu pemakaian piranti serta internet pada anak-anak. Aplikasi ini dapat juga mengawasi dan memberitahu dimana lokasi si anak lewat piranti yang tersambung serta menutup akses piranti dari jarak jauh. Seluruh aktivitas internet anak-anak akan dapat dikendalikan seutuhnya.

4. Berikan Penjelasan Serta Wawasan

Sebagai orang tua sudah menjadi tugas kita untuk memberikan penjelasan serta wawasan kepada anak-anak kita terkait konten apa saja yang boleh mereka tonton dan konten apa saja yang tidak boleh mereka tonton.
Penjelasan dan wawasan senantiasa harus kita berikan terus menerus agar anak-anak memahami dan mengingat penjelesan yang telah kita sampaikan kepada mereka

Baiklah setelah membaca tips-tips cara menyediakan internet yang sehat dan aman utuk anak-anak, kalian bisa langsung mempraktekkan semua tips diatas ya. Dan sekali harus diingat bahwa peran pendampingan dan control langsung dari orang tuan merupakan factor utama dan terpenting yang harus kalian lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here